Rabu, 23 November 2016

Apa itu SEO,SEM,SMM

APA ITU SEO ?




“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”
Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:

melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.

TABEL KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Tabel Kelebihan dan Kekurangan Non-SEO VS SEO
Berikut ini table kelebihan situs/halaman web yang non-SEO VS kelebihan situs/halaman web yang di-SEO-kan


Dan ini masing-masing kekurangannya:



APA ITU SEM ?

SEM adalah teknik pemasaran produk (website bisnis anda) dengan membayar periklanan yang menyediakan jasa tersebut. Iklan yang tampil dapat berupa gambar, animasi, video, dan tulisan. Salah satunya yang merupakan SEM adalah Google Adwords, yang menampilkan iklan anda di hasil pencarian Search Engine dengan kata kunci tertentu. Untuk Google Adwords penempatannya akan terdapat di atas hasil pencarian atau dibilah kanan hasil pencarian, dan di paling bawah dekat dengan menu navigasi halaman hasil pencarian.
Adapun SEM lainnya seperti Facebook Ads, Yahoo Search Marketing, Bing, Ask, Baidu, Yandex, dan lainnya. SEM sendiri melibatkan berbagai hal seperti SEO, analisa kata kunci, harga pembayaran iklan, dampak dari kata kunci perbulan, dan efek lainnya yang akan membantu meningkatkan pemasaran produk anda. Anda dapat membaca secara lengkap dari referensi website ini [W]. Berikut ini contoh gambar tampilan iklan yang tayang pada Search Engine Google.

Sistem Kerja

Sistem pembayaran yang diterapkan dalam SEM umumnya adalah PPC (Pay Per Click) atau Pay Per Impression. Untuk PPC adalah sistem pembayaran iklan dengan perhitungan berdasarkan banyaknya Click yang dapat dilakukan oleh custumer yang click ke iklan tersebut. Pay Per Impression sistem periklanannya lebih kepada berapa kali penayangan iklan tersebut.

Fungsi SEM
SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan pastinya akan meningkatkan popularitas, serta kata kunci yang akan ditargetkan. Dengan menggunakan SEM dapat dengan langsung menargetkan area pemasaran sesuai dengan target customer yang sesuai dengan produk kita. Jadi selain menjalankan SEO anda juga dapat memanfaatkan SEM, walaupun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Singkatnya SEM adalah istilah yang lebih luas atau diatasnya SEO, dimana tujuan SEO untuk meningkatkan ranking dan pengunjung organik, namun SEM lebih ke penargetan pengguna Search Engine melalui iklan yang dibayar berupa link yang menuju ke website bisnis kita. Seperti contoh kita yang mempunyai produk "Alat Pemadam Api" dan ingin mendapatkan pengunjung dari orang yang mengakses kata kunci tersebut melalui search engine, maka kita bisa mendaftarkan website kita ke Google Adwords.

Setelah melalui berbagai ketentuan dan sampai pada tahap akhir, maka iklan kita akan diterima dan ditayang di pencarian yang relevan dengan kata kunci yang kita maksudkan. Sekian penjelasan mengenai Pengertian SEM (Search Engine Marketing)

APA ITU SMO ?



SMO singkatan Social Media Optimization. Mungkin definisi terbaik yang kami temukan untuk ini adalah melalui forum pada pembahasan SMO:

“Sosial Media Optimization meningkatkan visibilitas profil social media Anda, aktivitas jejaring sosial Anda dan konten Anda yang dipublikasikan sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten Anda. Sosial Media Optimization membantu mengarahkan lalu lintas ke situs Web atau blog, membuat lebih mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun komunitas di sekitar brand Anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media Anda, aktifitas sosial dan posting blog menjadi lebih mudah” – anonim.

Intinya adalah, Anda harus membangun profil online melalui jaringan media sosial sehingga Anda dapat berbagi konten yang Anda buat di website atau blog Anda. Selain itu, Anda dapat  menambahkan tombol share social media untuk memungkinkan orang lain untuk dengan mudah berbagi konten Anda.

SMO, tidak banyak orang mengetahui strategi digital ini. Pengertian SMO sendiri adalah kepanjangan dari Social Media Optimization atau Optimalisasi Media Sosial melalui strategi khusus. SMO adalah rangkaian cara untuk menarik visitor ke konten website Anda melalui media sosial.

Secara umum, tautan konten website yang dibagikan melalui media sosial memang memiliki kemungkinan besar untuk mendatangkan visitor. Karena itu, SMO sangat penting dan tidak bisa diremehkan dalam mendatangkan visitor ke website Anda. Jika banyak visitor yang berkunjung ke website Anda, akan semakin besar kemungkinan terjadi sales untuk produk Anda.

Selain itu, dengan membagikan tautan konten website Anda, kemungkinan orang mengenal website atau produk Anda makin besar, apalagi jika Anda memiliki fanspage dengan liker di atas sepuluh ribu. Namun yang terpenting adalah kualitas konten yang Anda bagikan juga tampilan website Anda. Jika bagus, parameternya adalah bounce rate yang kecil (dibawah 50%). Visitor akan kembali lagi dan betah berlama-lama di website Anda dan tentunya peluang terjadi sales akan semakin besar.

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, G+ ,dan lain-lain merupakan tempat yang tepat untuk melakukan campaign SMO. Apalagi jika Anda memiliki fanspage dan follower yang ribuan atau puluhan ribu jumlahnya, maka akan semakin besar visitor yang datang ke website Anda.

APA ITU SMM ?



Pengertian SMM

Sesuai dengan namanya, Social Media Marketing adalah teknik marketing yang menggunakan Social Media sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk (Link Halaman Website Bisnis Online) atau suatu jasa, atau produk lainnya secara lebih spesifik. SMM lebih kepada pembangunan dan pemanfaatan area Social Media sebagai sarana atau tempat untuk membangun target pasar dari bisnis online anda. Dalam pembangunan SMM perlu diingat bahwa kita harus membangun kelompok atau target pasar dengan sikap saling menghormati dan selalu berkomunikasi dengan target pasar.

Semakin banyak area SMM yang dibangun, maka akan semakin besar pula dampak yang dihasilkan bagi Website Bisnis Online anda. Ada beberapa SMM yang populer dikalangan masyarakat, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Reddit, Youtube, Myspace, Digg, Google Plus, Linkedin, Instagram dan masih banyak lainnya. Di setiap Social Media yang digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda, seperti Instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan Facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti pembuatan Fanpage, Group, Status Video, Status Link, Status Foto dan lainnya.

Manfaat SMM

Teknik SMM pasti dan harus dilakukan oleh para pemilik Website dan Bisnis Online, dikarenakan teknik SMM lebih mudah, murah dan efisien. Cara kerja SMM adalah dengan membangun area pasar dan link Website Bisnis Online yang dibagikan ke berbagai Social Media. Link yang telah dibagikan mampu memberikan dampak untuk menjaring banyak pengunjung baru yang tertarik dan mungkin saja akan menjadi pengunjung tetap dari Website Bisnis Anda. 

Manfaatnya lainnya adalah mempercepat pemasaran produk ke berbagai kalangan di berbagai Social Media contohnya seperti pemasaran produk Affiliate PegiPegi. Dikarenakan perkembangan Social Media yang terus meningkat, membuat pencapaian pemasaran produk menjadi lebih cepat untuk mengenai target pasar yang diinginkan. Dampak lain dari penggunaan teknik SMM adalah terbentuk banyak Backlink yang akan mendongkrak ranking dan popularitas dari Website Bisnis Online anda di mata Search Engine Google.

source :
http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-sem-search-engine-marketing.html
http://www.seogereggi.com/2015/03/pengertian-smm-social-media-marketing.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar